Madu herbal meningkatkan khasiat tanamam obat

Sumber : http://www.binaapiari.com/madu-herbal-meningkatkan-khasiat-tanaman-obat/

Khasiat tanaman obat akan berlipat ganda apabila dicampur dengan madu. Madu berfungsi sebagai bahan pengawet dan juga berfungsi sebagai daya perembesan sari obat tumbuhan masuk ke dalam pembuluh darah.

Herbal adalah tumbuhan atau bagian tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat. Dalam penggunaannya, banyak herbal yang dibuat sebagai simplisia. Simplisia adalah herbal yang telah dikeringkan dan masih murni.

Madu Herbal adalah herbal yang direndam di dalam madu dan didiamkan dalam beberapa minggu agar kandungan didalam herbal terserap oleh madu. Kita ketahui bahwa madu bersifat hidroskopis sehingga madu dapat menarik zat-zat yang berkhasiat di dalam herbal tersebut. Madu juga bersifat sebagi bahan pengawet sehingga herbal yang terendam dalam madu tetap segar dan tidak mengalami pembusukan.

Beberapa Ramuan Madu Herbal yang berkhasiat:

  1. Madu dan bawang putih: hipocrates dan Avicenna mengatakan bahwa madu dicampur bawang putih merupakan anti bakteri yang efektif. Madu 300Ml dan bawang putih segar 3-4 umbi. Cara membuat masukan bawang putih yang telah dirajang sangat tipis ke dalam madu. Diamkan minima 1 minggu. Ramuan ini bagus untuk mengobati batuk, infeksi tenggorokan dan sakit dada. Cara memakai ramuan madu herbal ini di minum 3x sendok makan sehari.

  2. Madu dan temulawak dapat mengobati hepatitis. 3 ibu jari temulawak yang telah di rebus diambil sarinya dan dimasukan ke dalam 300gr madu kapuk. Minum ramuan madu herbal ini 3x sehari.

  3. Madu herbal untuk Tekanan Darah Tinggi. Madu 300cc, daun pegagan 50 gram, 3 ibu jari kunyit segar. Cara buat kunyit dan daun pegagan di rebus dalam 500cc air hingga volume menjadi 150cc. setelah rebusan dingin campurkan ke dalam madu.

Kerja madu herbal tidak secepat obat kimia tetapi lebih aman dibandingkan dengan obat kimia. Karena itu umunya khasiatnya baru dirasakan 1 minggu setelah meminum. Untuk meningkatkan khasiat dan percepatan pengobatan bisa ditambahkan propolis.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s