Beta Karoten Hambat Penurunan Memori

Beta karoten, zat gizi yang terkandung dalam buah-buahan dan sayur berwarna kemerahan, seperti wortel, pepaya, dan minyak kelapa sawit, jika dikonsumsi dalam waktu lama bisa menghambat penurunan fungsi kognitif seperti yang dialami pasien penyakit alzheimer.

Demikian menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Archieves of Internal Medicine tersebut. Dalam penelitian yang dilakukan peneliti dari AS itu, para ahli mencoba melihat dampak beta karoten yang dikonsumsi dua kelompok, selama 18 tahun dan tiga tahun. Ternyata dampak positif dari beta karoten tidak tampak pada kelompok yang mengonsumsi selama tiga tahun.

Hasil penelitian tersebut mengindikasikan beta karoten bisa menjadi zat penting untuk mengatasi gangguan ingatan yang sering terjadi pada orang lanjut usia yang menderita penyakit demensia alzheimer.  “Dari studi ini kita bisa mengetahui cara menguatkan fungsi memori seperti saat tubuh kita masih sehat,” kata Francine Grodstein, dari Brigham and Womens Hospital, Boston, AS.

Beta karoten, menurut para ahli, merupakan sumber antioksidan yang salah satu tugasnya adalah mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Antioksidan sejak lama disebut-sebut mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

“Karena beta karoten termasuk antioksidan, maka ia sangat bermanfaat untuk otak. Ini karena banyak zat oksidatif yang merusak otak,” kata Gordstein.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s