Analisis kimia buang gas

Sumber : Majalah Muslimah No.55 februari 07

(jangan cukup kenal buangnya, tapi harus tahu juga proses ilmiahnya)

  1. Dari mana asal gas yang kita buang???????? Dari gas dalam usus, gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia dan gas dari bakteri dalam perut
  2. Apa komposisi gas tersebut ?

Bervariasi, makin banyak udara yang ditelan, makin banyak kadar nitrogen dalam gas tersebut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Bakteri serta reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang kita makan, berapa banyak udara yang tertelan, jenis bakteri dalam usus, hingga berapa lama kita menahan untuk buang gas. Makin lama kita menahan, gas-gas lain akan terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus hingga proporsi nitrogen makin besar. Orang yang makan tergesah-gesah, kadar oksigen yang terkandung dalam gas akan lebih banyak karena tubuh tidak sempat mengabsorbsi oksigen.

  1. Kenapa gas yang kita buang berbau busuk ?

Bau busuk disebabkan kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur. Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan kita, bakteri dalam perut pun makin banyak memproduksi sulfida dan merkaptan hingga makin baunya makin “kencang”. Telur dan daging punya peranan besar menghasilkan bau busuk saat buang gs. Sedangkan kacang berperan pada volume gas, bukan bau busuknya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s